Monday, June 14, 2021


NETRALISASI TABUNG FINAL


Pengertian netralisasi tabung final


Jika anda mempunyai rig dengan final tabung, seperti yang saya pakai yaitu Trio TS520S, maka salah satu hal yang perlu diketahui adalah netralisasi tabung final tersebut. Apa sih perlunya netralisasi tabung final?


Seperti kita ketahui, dalam tabung tersebut ada yang namanya plate dan control grid (saya sengaja tidak mengubah namanya tetap dalam bhs Inggris, supaya tidak membingungkan). Nah antara plate dan grid ini akan timbul suatu kapasitansi, yang dapat memberikan efek merusak linearity dan kestabilan kerja tabung tersebut (hehe…ini bukan kata saya, lha saya juga gak ngerti, ini sih kata K9AXN).


Efek pertama adalah dapat memberikan feedback negatif ke frekuensi operasi, sehingga mengakibatkan efek degenerative pada drive ke grid. Tanpa netralisasi, drive harus ditambah untuk mencapai output full. Walau demikian, feedback tidak berpengaruh pada efisiensi, hanya drive yang mesti ditambah.


Efek kedua adalah membuat feedback positif kepada rangkaian parasitic Hartley, yang terbentuk di bawah frekuensi operasi. Hal ini memang terjadi secara natural di rangkaian tuned grid/tuned plate pada semua amplifier yang menggunakan tabung. Efeknya tentu berbahaya, sehingga perlu dinetralkan.


Menurut W8JI, netralisasi diperlukan karena tabung memiliki unwanted kapasitansi internal. Kapasitansi antara elemen input dan elemen output di dalam tabung vakum mengakibatkan rangkaian output akan membalik ke arah input. Jika hal ini cukup kuat, regenerative feedback ini membuat berkurangnya efisiensi.


Tujuan netralisasi ini atau juga proses balancing adalah untuk menimbulkan feedback kedua sedemikian rupa sehingga feedback kedua ini sama besarnya dengan regenerative feedback, namun polaritasnya atau fasanya berlawanan sehingga akan saling meniadakan. Salah satu cara yang populer adalah menggunakan variable kapasitor untuk mencari titik balancing tersebut. Tanpa netralisasi, tabung harus dikurangi powernya untuk mencegah terjadinya osilasi. Dengan kata lain, rangkaian yang sudah dinetralisasi dapat mencapai gain lebih tinggi dan meningkatkan sensitivitas receiver.



Bagaimana melakukan netralisasi  


Dalam manual servis Trio TS520S, tata cara melakukan netralisasi dijelaskan dengan baik. Tapi dibutuhkan alat, yaitu RF milivoltmeter beserta RF probe nya. Jika tidak ada milivoltmeter, dapat menggunakan digital voltmeter dan pastikan bahwa internal impedance dari voltmeter sebesar 10 M-Ohm. Kemudian juga harus ada RF probenya.


Berikut adalah peralatan yang saya gunakan. Milivoltmeter yang saya gunakan adalah milivoltmeter merk Kikusui model 114 dengan probe 973R seperti pada foto. Powernya menggunakan listrik, masih 100V karena ini alat yang saya beli dari Jepang. Tidak saya ubah, biar aja 100V, saya pakai trafo putar step down. Skala ketelitian milivoltmeter ini sampai dengan mV, dari 1,5 mV sampai dengan 500 V, menggunakan rotary switch 10 posisi.  


    


Tapi probe ori nya hanya bisa untuk mengucur voltase dan arus saja, tidak bisa untuk mengukur RF. Oleh karena itu mesti ditambah lagi RF probe. Browsing nemu RF probe homebrew oleh N5FC, yanag juga dipakai di RF voltmeter Heathkit. Berikut adalah gambar skema rangkaiannya, dan saya akan mengikuti skema tersebut.



           

  

                                                                Gambar RF probe dari N5FC dan rangkaiannya.




Housing probe saya buat dari spidol whiteboard, kemudian dilapis tembaga untuk shield. Ujung probe menggunakan probe multimeter yang biasa, kebetulan ada bekas probe multimeter analog yang tidak terpakai. Foto berikut adalah RF probe buatan saya tersebut, ujungnya saya tempel dengan lem plastik glue gun. Lumayan, ujung probe jadi kuat terikat ke spidol bekas…


Foto di bawah ini adalah RF probe homebrew bikinan saya, sesuai dengan rangkaian dari N5FC dan cara merakitnya sesuai dengan petunjuk, yaitu semua komponen harus dirangkai di dalam shield dari tembaga, dan dihubungkan dengan kabel coax ke voltmeter. Saya pakai coax RG58 supaya impedansi nya 50 ohm sama dengan impedansi antena. 




Foto RF probe homebrew menurut skema dari N5FC (property of YC1FYH)



Hasilnya gimana ya…hehe ya nanti sambil dites untuk netralisasi apa bisa atau tidak.


Pengetesan netralisasi


TIba saatnya melakukan netralisasi pada tabung final di rig TS520S saya, apalagi tabungnya saya ganti modifikasi dengan tabung 6883B. Tabung aslinya S2001A karena mati 1 buah, maka keduanya saya ganti dengan 6883B. Tetapi harus dilakukan modifikasi pada final boardnya, karena tabung 6883B ini heaternya minta tegangan 12V. Sedangkan S2001A tegangan heaternya adalah 6V. Cerita tentang modifikasi ke 6883B ini ada pada artikel yang lain.


Mengikuti buku manual servis TS520S, netralisasi dilakukan dengan cara memutar variable kapasitor yang berada di dalam kotak tabung final, atau istilahnya final cage. Tapi harus dilakukan dengan obeng non-konduktif atau obeng plastik supaya gak kesetrum hehehe…. Hati-hati, tegangan pada tabung final dapat mencapai 900V, cukup untuk membuat sampeyan silent key…!



Caranya yaitu:

  1. tune up rig pada frekuensi 21.3 MHz pada mode CW; jangan lupa switch SG nya harus on hehe…lebih baik pakai dummy load tidak pakai antena;
  2. setelah ok rig keluar output maksimumnya, standby (posisi pada REC) dan switch SG ke off;
  3. pasang dummy load [mestinya sdh dari tadi pada saat tune up di butir 1)];
  4. switch ke SEND, dan ukur tegangan pada dummy load dengan RF milivoltmeter, tentu menggunakan RF probe;
  5. dengan obeng non-konduktif, putar variabel kapasitor TC1 pada final cage sehingga bacaan tegangan di RF milivoltmeter menjadi paling minimum.


Ya setelah diperoleh nilai TC1 minimum, ya selesai hehe….gampang kan? Setelah itu cek output di tiap band, 80m sampai 10m. Mungkin di band 10m sedikit lebih kecil outputnya, suatu hal yang normal.


Bagaimana hasilnya RF probe homebrew? Oke banget masbro…..manstabbbb pisan. Videonya sedang saya buat supaya jelas bagaimana proses netralisasi.





No comments:

Post a Comment

TS780 perbaikan encoder unit (bag1) Teori operasi TS780. Awalnya display frekuensi dapat digeser via dial besar di depan pada saat kondisi...